Berkenalan dengan Dunia Blogging

Baca Juga

Jika ditanya kapan pertama kali berkenalan dengan dunia blogging, jawabannya adalah ketika mulai menjadi mahasiswa. Bermula dari padatnya tuntutan kampus untuk mengerjakan makalah, paper dan tugas lainnya yang harus mencari banyak sumber di internet sebagai tambahan referensi, saya pun mulai mempelajari dunia blogging.



Tantangannya kira-kira begini. Sekarang, hampir semua buku yang ada di perpustakaan kampus juga terarsip rapi di internet. Buku-buku itu bisa diunduh (download) secara gratis, tanpa harus membayar ke pemilik situs. Apakah saya tidak bisa membuat situs dengan konten khusus buku? Bagaimana cara membangun website penampung buku?

Itulah dua pertanyaan ketika awal mula saya berkenalan dengan dunia blogging. Selain itu, saya termasuk tipikal orang yang suka menulis. Apapun hal yang muncul dalam pikiran, selalu menjadi sebuah tulisan. Sayangnya, tulisan-tulisan yang dihasilkan hanya untuk dibaca sendiri.

Akibatnya, tidak banyak orang yang memberi pendapat, baik dalam bentuk kritik maupun saran, terhadap tulisan saya. Saya bahkan tidak tahu, apakah tulisan saya buruk, biasa-biasa saja atau baik! Karena tulisan itu tidak pernah dikonsumsi oleh banyak orang.



Suatu ketika, di sela-sela usaha mencari referensi makalah dan waktu pacaran, saya memutuskan untuk menghabiskan waktu seharian di Warung Internet (Warnet). Kata kunci pertama yang dimasukkan ke beranda ‘google’ adalah “Apa itu blog”. Google memberi jawaban yang memuaskan.

Seabrek tulisan, baik yang berbahasa Indonesia maupun berbahasa asing, muncul di halaman depan pencarian. Satu per satu tulisan itu dibaca. Dan dilihat contoh-contohnya. Di kepala, mulai ada dua istilah yang langsung masuk dan menempel, yaitu BLOGGER dan BLOGGING. Dua kata inilah yang kerap menjadi panduan, bahkan semangat melanjutkan pertemanan dengan dunia blogging.



Usai membaca beberapa tulisan tentang dunia blogging, hari itu juga saya membuat blog: marselgunas.blogspot.com. Ternyata itu mudah. Tinggal buat akun gmail, daftar di blogger, lalu saya sudah memiliki blog.

Tetapi, jujur saja, ini Ruteng. Di Ruteng, untuk berkenalan dengan dunia blogging, saya harus menghabiskan berbatang-batang rokok dan lebih dari dua gelas kopi Manggarai.

Marsel Gunas
Ruteng
Maret, 2007
Berkenalan dengan Dunia Blogging Berkenalan dengan Dunia Blogging Reviewed by Marcell Gunas on Sabtu, Maret 10, 2007 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.