Sisi Mistis Ranamese

Baca Juga

Ranamese merupakan salah satu tempat wisata alam di Manggarai Timur, Flores, NTT. Danau yang luas, hutan yang hijau dan rindang, kabut, adalah segumpal pemandangan yang akan kau temukan di Ranamese. Tapi, Ranamese kerap diceritakan memiliki sisi mistis. Angker, kata orang. Benarkah demikian?

Sisi Mistis Ranamese

Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), orang-orang (sebut saja orang-orang) kerap menomorsatukan sisi mistis kawasan wisata Ranamese dalam setiap diskusi tentang perjalanan melintas Ranamese.



Saya kurang memahami bagaimana kesimpulan itu tiba-tiba menguratakar dalam pikiran orang-orang itu. Tapi sebagian besar kesimpulan yang terungkap berasal dari apa yang mereka alami saat melintas di Ranamese, atau saat berwisata ke Ranamese.

Misalnya, ada yang mengalami kendaraan yang tiba-tiba mogok di ruas jalan Ranamese – Bealaing dan itu disimpulkan karena ada makluk gaib yang juga melewati jalan itu.

Ada juga yang mengaku pernah berkendaraan melintasi kawasan Ranamese malam hari lalu tiba-tiba melihat semacam cahaya putih dari kejauhan dan cahaya itu tiba-tiba menghilang.

Ada juga yang bilang Ranamese mempunyai penunggu, dan penunggu itu akan "marah" jika ada yang melakukan keributan, tindakan amoral dan perusakan hutan di kawasan wisata Ranamese.

Berbagai cerita yang terdengar - bahkan sejak masih duduk di bangku SD - belum pernah dibuktikan secara jelas dan terang benderang melalui penelitian khusus. Maka, tidak heran berbagai cerita itu dianggap mengada-ada, khususnya oleh generasi baru, para remaja atau anak sekolahan.

Meski demikian, realitanya, Danau Ranamese adalah salah satu tempat yang telah banyak 'menelan korban'. Dulu saat masih di bangku SD, Ranamese pernah menjadi sorotan utama publik di setiap momen diskusi, formal maupun informal, bahkan di di obrolan santai usai Misa Hari Minggu di gereja-gereja, menyusul peristiwa tenggelamnya dua orang pelajar di danau itu.

Dua tahun sebelum peristiwa itu terjadi, ada juga pelajar dari salah satu sekolah menengah pertama (SMP) di Pocoranaka yang tenggelam di danau Ranamese.

Dugaan kuatnya dimensi magis di kawasan Ranamese pun semakin menguat. Banyak yang meyakini, rentetan peristiwa maut di Danau Ranamese tak terlepas dari sisi magis Ranamese itu.

Lalu?

Untuk membuktikan apakah sisi mistis Ranamese itu ada dan nyata tentulah diperlukan sebuah metodologi ilmiah, atau minimal didorong oleh dalil-dalil yang bisa diterima akal sehat. Agar tak dianggap sebagai cerita karang-karang alias mengada-ada.



Untuk memutuskan percaya atau tidak, saya pun tak kuasa untuk meyakinkan bahwa itu benar atau tidak benar.

Kami sedang membahasnya melalui perkuliahan sosiologi agama hari ini. He he

Tabe - Marsel Gunas
Sisi Mistis Ranamese Sisi Mistis Ranamese Reviewed by Marcell Gunas on Sabtu, Februari 02, 2008 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.