Halal Bihalal Kodim 1612 Manggarai

Baca Juga

Saya salah satu orang Indonesia yang masih belum bisa menaruh rasa hormat pada tentara. Sungguh! Bagi saya, tentara itu kejam. Penuh dengan siasat busuk, suka mengadu domba, dan bermental pembunuh. Lucunya, salah satu saudara sepupu ibu saya seorang tentara. Tetapi, rasa hormat saya padanya lebih karena hubungan kekeluargaan.

Halal Bihalal Kodim 1612 Manggarai by Marsel Gunas


Sejak kecil, saya memang tak berminat pada dunia militer, termasuk minat menghormati para prajurit TNI. Bagi saya, Indonesia, negara tempat saya dilahirkan ini, bisa sejahtera, damai, dan rukun adanya meski tanpa prajurit militer. Saya juga benci tentara karena cerita-cerita di masa kecil tentang kekejaman yang dilakukan tentara masa silam.


Cerita tentang PKI, tentang kekerasan terhadap warga sipil oleh tentara, dan film-film perang Amerika yang melakonkan kerja seorang tentara Amerika terhadap warga sipil di Timur Tengah. Persepsi dan rasa benci saya terhadap TNI memuncak saat mahasiswa setelah beberapa kali terlibat aksi demonstrasi menolak kehadiran perusahaan pertambangan di Manggarai bagian utara; wilayah Reo, Dampek, Pota, dan Lambaleda.

Siapa yang paling datang merayu kami agar tidak melakukan aksi? Tentara! Siapa yang paling sering berhadapan dengan saya dan kawan-kawan di lokasi aksi? Tentara! Eh, juga soal Freeport. Anda tentu tahu bagaimana tentara di sana, di Tanah Papua. Tetapi, whatever, itu bagian dari masa lalu. Hari ini toh saya harus berani menanggalkan prasangka, kecurigaan dan bahkan kebencian pribadi saya terhadap para prajurit yang dulu disebut ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia) itu.

Hari ini saya adalah seorang jurnalis. Tugasnya meliput peristiwa atau kejadian tertentu tanpa kepentingan pribadi atau siapapun. Saya harus berani menanggalkan kebencian-kebencian personal yang belum saya tinggalkan. Termasuk yang tadi: kebencian terhadap tentara.

Hari ini, Senin (03/09/2012), sejumlah tokoh agama di Manggarai menghadiri acara halal bihalal yang diselenggarakan oleh  Kodim 1612 Manggarai. Acara berlangsung meriah. Di halaman Markas Kodim 1612 Manggarai, ada tenda tempat perayaan acara itu. Acara yang dikemas dalam tema “Dengan Hikmah Halal Bihalal, Kita Pererat Tali Silahturahmi Guna Meningkatkan Rasa Persatuan dan Kesatuan serta Kerukunan Antar Umat Beragama” tersebut juga dihadiri berbagai perwakilan elemen masyarakat termasuk pelajar sekolah. 

Hadir dalam acara ini, Rm. Laurens Sopang, Pr dari Keuskupan Ruteng, Pdt. Wilmina Mince dari GMIT Manggarai, dan H. Marolah dari MUI Manggarai. Acara tersebut juga dihadiri Bupati Manggarai Drs. Christian Rotok dan jajaran pejabat pemerintahan Kabupaten Manggarai.

Mayor Inf. Marsel Sudirman, mewakili Komandan Kodim 1612 Manggarai, Jacky Aristanto, menyatakan pesan dari kegiatan itu adalah bahwa tentara tidak hanya bertugas untuk berperang. Eksistensi TNI diseluruh pelosok Indonesia juga harus dapat bersama-sama masyarakat mewujudkan persatuan, kesatuan dan solidaritas hidup beragama.

“TNI itu kan tidak hanya punya tugas untuk berperang. Tetapi, eksistensi TNI diseluruh pelosok negeri ini, bersama rakyat, pun harus mampu mewujudkan persatuan, kesatuan dan solidaritas umat beragama” ujar Sudirman saat diwawancarai.

Dengan terus didorongnya acara-acara seperti ini, lanjut Sudirman, diharapkan agar tidak terjadi sejumlah perilaku intoleran bernuansa SARA. Dirinya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Manggarai agar tetap mempertahankan budaya “Lonto Leok” dan “Nai Ca Anggit Tuka Ca Leleng” sebagai filosofi solidaritas beragama milik orang Manggarai.




“Orang Manggarai itu punya filosofi solidaritas beragama yang khas. “Lonto Leok” dan “Nai Ca Anggit Tuka Ca Leleng” itu sebenarnya dapat digunakan oleh orang Manggarai untuk mewujudkan solidaritas keberagamaan. Perilaku destruktif yang bernuansa sara itu kan musuh kita semua. Dan Kodim 1612 ini berpikir penting untuk tetap mendorong silahturahmi seperti ini. Kepada seluruh masyarakat Manggarai, saya berpikir penting untuk terus digemakan pentingnya silahturahmi seperti ini. ” terang Sudirman 

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh prajurit TNI dari tiga wilayah Manggarai; Manggarai Timur dan Manggarai Barat.
Halal Bihalal Kodim 1612 Manggarai Halal Bihalal Kodim 1612 Manggarai Reviewed by Marsel Gunas on Senin, September 03, 2012 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.