Blogging: Semangat Entrepeneurship dengan Modal Kreatifitas (Self Reminder)

Baca Juga

Tidak sedikit blogger yang sukses menjadi manusia mandiri hari ini. Platform media yang awalnya menjadi lahan pertumpahan ide kini menjadi pintu masuk bagi banyak profesional untuk menghasilkan karya-karya hebat.

Blogging: Semangat Entrepeneurship dengan Modal Kreatifitas (Self Reminder)
In frame: Sicilia Glory Marnelly Woran | Foto: Johdan AAP


Ada juga yang menjadikan aktivitas blogging sebagai hobi dan aktivitas pengisi waktu senggang. Namun, seiring waktu, aktivitas itu pun berubah menjadi media entrepreneurship (kewirausahaan) yang mendatangkan keuntungan finansial.

Seorang blogger senantiasa dituntut untuk berpikir kreatif. Ya, modal blogger adalah kreatifitas menghasilkan karya, baik itu artikel, foto maupun video. Menciptakan ide sangat penting bagi blogger, karena ide yang tepat selalu berhasil menemukan semacam akor yang tepat untuk memantapkan aktivitas bloggingnya.



Kemampuan ideasi seorang blogger adalah hal yang amat penting karena di dalamnya ada fase penggabungan nilai-tambah yang dapat membawa tingkat keunikan ke blog dan memungkinkan seorang blogger tetap di depan dalam pencarian di mesin pencari.

Selain itu, penulis kreatif harus dapat berpikir out of the box, dan dengan demikian menghasilkan konten yang memastikan bahwa ide yang dirumuskan dalam sinkronisasi lengkap dengan apa yang diinginkan target pembaca.

Terkait konten, konte kreatif yang ditulis harus terhubung dengan pembaca atau minimal bisa menjawab apa yang dibutuhkan pembaca. Di sini, blogger perlu melakukan riset kecil-kecilan: mengapa blog harus dibaca / dikonsumsi oleh pembaca, dan siapa yang mengkonsumsi konten.

Kewirausahaan Memasarkan Blog

Blogger perlu berinteraksi dengan komunitas blogger yang memiliki kesamaan konsep terkait aktivitas blogging, dengan orang-orang yang memiliki semangat kewirausahaan yang sama. Seorang blogger juga perlu menghadiri pertemuan yang diselenggarakan oleh komunitas tertentu agar mendapatkan tambahan pengetahuan demi peningkatan aktivitas blogging.



Di samping berbagai langkah di atas (masih dalam rangka kewirausahaan), seorang blogger dapat memilih untuk secara pribadi bertemu ahli atau praktisi usaha kecil menengah (UKM) untuk merumuskan konten kreatif yang memiliki nilai jual.

Berbagai langkah di atas bisa dibilang penuntun sederhana dalam memajukan aktivitas blogging kita. Sebagai faktor penunjang tercapainya setiap target dari langkah itu, jangan pernah remehkan faktor optimasi mesin pencari (SEO), agar konten-konten blog yang telah kita hasilkan itu dapat secara mudah ditemukan para pembaca.

Yap! Ini hanya self reminder bagi saya. Semoga bermanfaat pula bagi rekan-rekan pegiat blogging ya....

Tabe
Blogging: Semangat Entrepeneurship dengan Modal Kreatifitas (Self Reminder) Blogging: Semangat Entrepeneurship dengan Modal Kreatifitas (Self Reminder) Reviewed by Om Marcell on Selasa, September 02, 2014 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.