Bagaimana ke Puhsarang?

Baca Juga

Untuk mereka yang senang travelling, Puhsarang, Kediri bisa menjadi salah satu pilihan tempat tujuan. Seperti yang saya singgung di artikel sebelumnya; Puhsarang, Cantik Nian Dikau, Puhsarang memiliki sejumlah objek wisata menarik, baik wisata alam maupun wisata beligi. Nah, Bagaimana ke Puhsarang?

Bagaimana ke Puhsarang?
Gereja Santa Maria Puhsarang | Foto: marselgunas.com

Jalur Darat

Jika anda hendak mengunjungi Puhsarang melalui jalur darat, anda bisa menggunakan dua moda transportasi umum: Bus/ Travel dan Kereta. Jika menggunakan bus, anda bisa turun di Terminal Semen atau yang biasa disebut Terminal Baru Kediri.

Terminal Baru Kediri terletak di Kecamatan Semen, kurang lebih 2 Km dari Puhsarang. Tidak jauh, bukan? Nah, dari sana, anda bisa menggunakan ojek konvensional atau bisa juga dengan memesan ojek online (Gojek, Grabbike). Lalu, bagaimana ke Puhsarang jika pakai kereta? Gampang! Anda cukup cek jadwal kereta dari stasiun keberangkatan anda ke Stasiun Kediri.


Stasiun Kediri terletak di tengah Kota Kediri. Dari Stasiun Kediri, anda bisa menggunakan ojek konvensional dan ojek online (Grabbike, Gojek), jika anda tidak ingin menggunakan layanan taxi online atau taxi konvensional yang kini kian ramai diminati masyarakat di Kediri. Dari stasiun, perjalanan ke Puhsarang akan ditempuh selama kurang lebih 45 menit.

Jalur Udara

Jalur udara juga sebenarnya bisa dipakai sebagai alternatif perjalanan menuju Puhsarang, khususnya dari tempat di luar Pulau Jawa. Jika anda memutuskan untuk menggunakan pesawat, anda akan turun di Bandara Internasional Juanda, Surabaya.

Dari Juanda, anda akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 4 jam menuju Puhsarang, menggunakan bus atau travel. Jika anda menggunakan bus, anda harus ke Terminal Bungurasih dan masuk di bus jurusan Surabaya-Tulungagung kelas ekonomi yang masuk Terminal Baru Kediri (biar lebih dekat). Namun, jika anda menggunakan travel, anda kemungkinan besar akan diantar langsung ke Puhsarang.

Bagaimana ke Puhsarang?
Ya, perjalanannya memang agak panjang jika jalur udara yang anda pilih. Sebab, Kediri belum punya bandarudara. Maka, saya sih menyarankan agar, jika hendak ke Puhsarang, tempuhlah perjalanan dengan kereta. Nyaman, praktis, tidak ribet, dijamin aman.


Bagaimana di Puhsarang?

Di Puhsarang, ada sejumlah tempat penginapan yang bisa membuat kunjungan (baca: ziarah) anda nyaman dan aman. Harganya murah meriah. Beberapa di antaranya adalah; Wisma Betlehem, Wisma Hening, Wisma Mbah Kung, dan Wisma Yohanes. Semua tempat penginapan itu berada di dekat Gereja Santa Maria Puhsarang dan Gua Maria Lordes Puhsarang.



Di tiap tempat penginapan itu juga disediakan makanan-makanan khas Jawa Timur yang hmmmm...maknyus tenan! Namun, jangan lupa mampir juga ke "Ayam Bakar Dhe Nah yang letaknya di dekat portal pintu masuk Puhsarang.

Nasi Goreng, Ayam Kremes, Ayam Bakar, dan Mie Goreng menanti anda di sana. Anda juga bisa membeli buah-buahan di situ. Murah, segar, dan lezat. Saya sudah pernah coba. Itu juga alasan saya betah kalau ke Kediri. Ya, karena Ayam Bakar Dhe Nah itu.

Tabe - Marsel Gunas
Bagaimana ke Puhsarang? Bagaimana ke Puhsarang? Reviewed by Om Marcell on Kamis, Desember 21, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.