“Surat dan Foto Heboh” Paus Yohanes Paulus II (Bagian I)

Baca Juga

Pesan siaran (broadcast message) dari seorang sahabat mendarat di Whatsapp sesaat sebelum saya bergegas menuju kantor pagi ini. “Surat dan Foto Heboh” Paus Yohanes Paulus II: itu judul pesannya. Tentu saja sedikit kaget bercampur rasa ingin tahu. Apa yang terjadi?



Di dalam busway menuju kantor, seluruh isi pesan siaran tadi langsung dibaca tuntas. Berita itu menohok pada nama seorang tokoh inspirasi gereja se-jagat; Pope John Paul II, Paus Yohanes Paulus II.



Beberapa kali dahi mengkerut, heran, campur kecewa. Dia merupakan tokoh paling berpengaruh di abad ke-20. Yang tak kalah pentingnya, Paus Yohanes Paulus II adalah Paus yang dikagumi ayah di rumah.

“Ah..tidak mungkin. Ini hanya kerjaan orang-orang yang tak bertanggung jawab, wartawan dan media yang hanya mementingkan klik di mesin pencari, atau cetakan korannya habis terjual,” aku bergumam dalam hati.

Tayangan BBC Panorama

Soal “Surat dan Foto Heboh” Paus Yohanes Paulus II yang menghebohkan itu, BBC Panorama, sebuah program televisi BBC, beberapa hari lalu merilis tayangan dengan tajuk “The Secret Letters of Pope John Paul II”. 

Itu adalah sebuah video documenter BBC yang secara khusus membedah kedekatan mendiang Paus Yohanes Paulus II dan Anna-Teresa Tymieniecka, seorang filsuf Amerika.

Tayangan itu menyuguhkan surat-surat dan foto-foto rahasia antara keduanya, yang selama puluhan tahun tersimpan di Perpustakaan Nasional Polandia. Surat-surat itu memperlihatkan tulisan tangan Santo Yohanes Paulus II yang, menurut BBC, mengungkapkan ‘relasi khususnya’ dengan perempuan kelahiran Polandia itu.

Selain menemukan surat, BBC juga mengungkap adanya foto-foto usang-setidaknya berdasarkan resolusi gambarnya-yang menampilkan kebersamaan Paus Yohanes Paulus II dan Anna-Teresa. Tak hanya surat dan foto, tayangan itu juga mengungkap berbagai analisis dari para pakar terkait kebenaran surat dan foto-foto tersebut.

Marsha Malinowski, CEO Marsha Malinowski Fine Books and Manuscripts, LLC, seorang pembedah naskah, kepada BBC mengaku sangat yakin jika Tymieniecka benar-benar jatuh cinta dengan Paus asal Polandia itu. Bagi Marsha, jika benar Tymieniecka jatuh cinta pada Yohanes Paulus II, itu merupakan hal yang amat masuk akal.


“I do believe that she completely fall in love with Him during their first faces up their relationship. I think it is completely reflected in the correspondents. For her to fall in love with him is completely understandable to me,” jelas Marsha kepada BBC.


Bersambung
“Surat dan Foto Heboh” Paus Yohanes Paulus II (Bagian I) “Surat dan Foto Heboh” Paus Yohanes Paulus II (Bagian I) Reviewed by Om Marcell on Rabu, Februari 17, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.