Yang Aneh dari Kematian Johannes Marliem

Baca Juga



Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menerima kabar meninggalnya salah satu saksi kasus megaskandal korupsi proyek E-KTP, Johannes Marliem. Johannes Marliem tewas di Amerika. Sampai saat ini, informasi kematiannya masih simpang siur. Belum jelas apa penyebab dan kronologi kematiannya. Yang bikin tambah simpangsiur adalah aktivitas media sosial 'Twitter' milik Johannes Marliem.

Yang Aneh dari Kematian Johannes Marliem

Sebuah akun Twitter @johannesmarliem yang diduga kuat milik Marliem menampilkan sebuah tulisan dengan status “The trees are on the move!” yang di-retweet oleh empat orang pada Jumat (11/8/2017) malam, pukul 21.03 WIB. Namun, setelah kabar kematiannya beredar luas di sejumlah media nasional, cuitan itu terpantau telah dihapus.

Tak sedikit yang curiga bahwa kematian Johannes Marliem adalah kabar bohong, jika didasarkan pada aktivitas media sosialnya yang diduga kuat miliknya itu. Keanehan aktivitas di linimasa Twitter milik Johannes itu memungkinkan beberapa hal krusial: 

Pertama, bisa jadi akun Twitter miliknya terhubung dengan aplikasi pengunggah cuitan secara otomatis (automatic tweet). Dengan pengandaian, Johannes telah menjadwalkan cuitan-cuitannya melalui aplikasi tersebut. di Twitter, tools BOT utk auto-tweet memang banyak jenisnya.

Namun pola penggunaanya tak berbeda jauh dengan aplikasi pengunggah yang dipakai utk media sosial lainnya. Dengan kata lain, meskipun Johannes sebagai pemilik utama (main user) akun tersebut telah meninggal, cuitan yang telah disetting Johannes akan terus tersiar di linimasa Twitternya. 

Kedua, Johannes memang masih hidup dan masih aktif menggunakan Twitter. Ketiga, akun tersebut dikelola oleh staf pribadi Johannes Marliem. Pihak inilah yang memiliki peluang dan hak akses ke akun milik Johannes untuk mengunggah cuitan di linimasa milik Johannes. Meskipun Johannes telah pergi, namun sang pengelola akun masih bisa mengunggah cuitan di Twitter milik Johannes itu.

Bagi pihak berwenang yang memiliki sumber daya melacak jejak aktivitas Johannes di internet, tentu amat mudah untuk mengetahui apa yang terjadi dengan akun Twitter Johannes. Dengan sumber daya teknologi digital yang canggih, pihak berwenang (termasuk KPK) bisa menemukan jawaban kunci di balik aktivitas yang mencurigakan itu.

Tetapi, bagi publik, aktivitas di linimasa Twitter itu sungguh mencurigakan; benarkah Johannes Marliem tewas seperti yang diberitakan? Tidak salah, memang. Sebagai masyarakat yang hidup di tengah bergelimangnya pengaruh media sosial, tentu aktivitas di Twitter Johannes mengisyaratkan tanda penting tentang jejak kehidupannya.

Hal itu erat kaitannya dengan status Johannes sendiri yang tengah menjadi sorotan dalam kasus megaskandal korupsi proyek E-KTP yang tengah ditangani KPK. Kasus itu melibatkan banyak petinggi negara, paling banyak dari lingkaran politisi senayan alias anggota DPR RI. Bahkan, belakangan, Ketua DPR RI Setya Novanto terseret dalam pusaran kasus itu. Ia telah ditetapkan sebagai tersangka.

Wajar jika kematian Johannes langsung disangkutpautkan dengan kasus itu. Seperti dalam kisah konspirasi banyak kasus korupsi lainnya, penghilangan saksi kunci dan barang bukti utama rentan terjadi.

Tetapi, terlepas dari semua praduga dan asumsi yang menguap ke berbagai ruang diskusi publik, pesan bagi KPK untuk tak goyah dalam membongkar berbagai sengkarut yang berkaitan dengan kasus itu adalah mutlak disampaikan. Kematian Marliem tidak boleh menghentikan semangat dan intensitas KPK membongkar skandal korupsi itu.

*Artikel ini pertama kali ditayangkan di blog nataslime.com. Blog itu saya kelola sejak 2010. Namun sekarang blog itu tidak aktif lagi. Semua artikelnya saya pindahkan ke marselgunas.com
Yang Aneh dari Kematian Johannes Marliem Yang Aneh dari Kematian Johannes Marliem Reviewed by Marsel Gunas on Minggu, Agustus 13, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.