Emergency in 2018: Masa Depan Blog Pribadi

Baca Juga

Sesuai rencana, tahun 2018 adalah tahun untuk serius membenahi, merawat dan mempercantik blog pribadi. Rencana itu lahir dari otokritik pada malam tahun baru, 31 Desember 2017. Otokritik itu juga tidak datang kebetulan.

Jelang akhir tahun, saya coba membuat semacam daftar aktivitas sampingan yang acapkali terabaikan karena satu dan dua alasan. Di daftar itu-daftar yang tidak pernah dipublikasikan ke istri-ada satu perintah untuk memikirkan ‘masa depan blog pribadi’ saya secara serius.

Saya menjadi pemilik sekaligus pengelola dua blog pribadi: nataslime.com dan marselgunas.com. Selama ini, keduanya hanya di-update kalau mood sedang enak dan tenang. Saya menyebutnya sebagai sindrom inkonsistensi dalam dunia blogging. Setelah dibuat, tidak dikelola atau tidak di-update. Semacam tidak fokus begitu lah. Hasilnya, dua blog itu bernasib buruk: mati enggan, hidup pun sungkan.



Dulu, usai memastikan komponen-komponen yang diperlukan kedua blog itu (SEO, Layout, Template, dan sebagainya) sudah setengah okay, saya secara tegas membedakan mana yang menjadi blog berkonten umum (politik, ekonomi, hukum) dan yang berkonten pengalaman pribadi.

Dengan berbagai pertimbangan penting dan fundamental (#ehh), nataslime diputuskan menjadi ruang tempat tumpahruahnya opini konten-konten umum, dan marselgunas.com menjadi arena yang khusus untuk konten-konten catatan perjalanan kehidupan pribadi. Selama ini, rencana itu sudah ada dalam list agenda rutin. Namun, ya…begitulah..!!

Maka, di malam tahun baru yang super dramatis itu, 31 Desember 2017 malam, saya memutuskan untuk menempatkan rencana itu berstatus emergency in 2018. Harapanya, dengan berstatus emergency (darurat), saya akan terus diperintah untuk merealisasikan rencana itu, tidak hanya serius mencantumkanya dalam list agenda yang akan dikerjakan di 2018 ini.

Pada tahapan pengisian konten, saya mungkin akan melibatkan istri tercinta Sheila Romana. Meskipun saya ragu dia akan setuju. Sebab wanita kelahiran Kediri, 5 Mei 1990 itu juga mengelola blog pribadinya: sheilaromana.blogspot.com. Blognya memang terhitung baru di jagat maya. Tapi alhamdulilah sudah ada di barisan pertama daftar pencarian untuk kata kunci “Sheila Romana”

Bagaimana dengan anda? Anda juga sudah punya rencana yang berstatus ‘Emergency in 2018’, bukan? Jika sudah ada, saya ucapkan selamat mempersiapkan eksekusi rencana itu. Semangat, gaess! (hihi..). 
Saya yakin optimisme kita sama. Bahwa di tahun 2018 ada rencana kerja yang kita siapkan secara matang dan akan dilakukan dengan matang pula. Kita akan sibuk dengan rencana-rencana itu.

Walaupun statusnya mungkin tidak sesibuk politisi yang sekarang sudah sedang membaptis tahun 2018 sebagai tahun politik dan sudah pusing memenangkan partai dan figur jagoan di Pilkada 2018 nanti; atau sesibuk Presiden Joko Widodo yang kerja keras agar menang lagi di Pilpres 2019 nanti(?). Hah! Omong apa ini?

Atau mungkin sebagai awam kita ada rencana untuk (kembali) bersekutu dengan klerus plus bekas klerus untuk menumbangkan Uskup terduga korup dan (lagi-lagi diduga) terlibat skandal dengan perempuan? (Eehhh…mulut, jaga. Tolong, kaaaa!)

Okay. Whatever-
lah, ya! Kembali ke masa depan blog . Saya pastikan keduanya akan digarap seserius mungkin. Akan banyak curhat dan catatan perjalanan yang akan disampaikan di sini. Mumpung semangat menulis masih ada, dan usia juga masih belum bapak-bapak. (Uhhuk!!)

Anyway, saya sebenarnya sedang mempersiapkan diri untuk kembali ke kampung halaman. Alasanya karena ayah sudah tiada dan ibu kini tinggal sendiri di rumah. Sebagai anak pertama alias sulung, dan anak laki-laki satu-satunya dalam keluarga, saya harus pulang.

Dengan begitu, bisa dibayangkan, konten di marselgunas.com akan banyak bercerita tentang kampung halaman; Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur. Flores memang selalu enak dinarasikan. Orang-orangnya, pemandangan alamnya, pantai dan gunung-gunungnya, dan ikan cara-nya. Flores adalah seni, religi, keindahan dan musik. Betul? Batinku bilang begitu.

Bagaimana dengan blog Natas Lime? Ini memang blog berkonten ‘sedikit keras’. Sebab, di sini ada banyak "natas" (sebutan orang Manggarai pada umumnya untuk lapangan kecil, halaman di tengah kampung, tempat warga kampung bermain, duduk sore-sore sambil seruput kopi dan ganda-ganda) yang berisikan tulisan-tulisan politik, ekonomi dan hukum. Lebih-lebih yang bertema ekologi dan hak asasi manusia (HAM).

Di sana tidak ada curhat pribadi pemilik dan pengelolanya. Tidak akan ada kisah patah hati atau kisah asmara berstatus happy ending dari pemiliknya. Seriously, it is all about citizenship! Bukan pula “natas” ekpresi niat untuk menggulingkan pemerintahan yang sah, lho ya! Murni ulasan-ulasan yang dikemas sederhana tentang tema-tema yang disebutkan tadi.

Blog Nataslime juga memberikan kesempatan kepada penulis-penulis luar, sebut saja kolomnis luar, yang ingin mengabadikan tulisannya. Saya persilahkan! Yang penting: temanya tidak lari jauh dari dua tema besar tadi. 

Sekian dulu tentang rencana yang disebut ‘emergency in 2018’; sebut saja hasil refleksi pribadi di malam tahun baru.

Untuk rekan-rekan yang masih mulai berencana untuk menggeluti blogging, kalian adalah orang-orang hebat dan mandiri. Teruslah menjadi penebar konten positif melalui blog yang digarap itu. Jaga stamina, jangan sampai terlalu sibuk dandan template, lupa isi konten. Sa su pernah jadi korban gara-gara itu strategi e!

-Tabe, Marsel Gunas-
Emergency in 2018: Masa Depan Blog Pribadi Emergency in 2018: Masa Depan Blog Pribadi Reviewed by Om Marcell on Rabu, Januari 03, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.