Blog Sepi? Jangan Panik!

Baca Juga

Seorang blogger (baca: orang yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengisi konten, mengoptimasi, dan mengandalkan blog sebagai sumber pendapatan utama) tentu takut akan kondisi itu: blog sepi. Bila itu terjadi, jangan panik! Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan. 

Blog Sepi? Jangan Panik!

Seorang blogger tentu saja tak ingin blognya sepi. Sepi tulisan artinya sepi kunjungan. Sepi kunjungan (untuk beberapa kasus, salah satunya jika mengandalkan pendapatan dari penyedia iklan internal seperti Google Adsense) ya tentu saja sepi pendapatan.

Ada beberapa penyebab sebuah blog sepi. Pertama, bukan yang utama. Blogging bukan merupakan aktivitas utama. Hanya sampingan di luar pekerjaan utama. Dengan dmikian, blog yang dikelola bukan merupakan sumber pendapatan utama. 

Kedua, inkonsistensi. Ini terjadi pada sebagian pegiat blogging yang aktif berangan-angan dan berencana, namun pasif menggerakan tangan untuk mengisi konten terbaru di blognya. Tapi jangan salah, lho. Dalam sebuah kesempatan duduk bersama dengan teman-teman pegiat blog lainnya, seorang pegiat blog yang inkonsisten bisa saja lebih banyak berbicara dan membagikan informasi seputar dunia blogging. Padahal, blog yang dikelolanya justru jauh dari urusan up to date. How come, buddy?

Ketiga, aktivitas admin blog yang terlampau padat. Blog yang dia kelola kemudian hanya dikerjakan saat senggang, saat pekerjaan utamanya sudah selesai. Kelompok ini tentu tidak akan memiliki kepedulian tingkat tinggi saat blognya tak diisi dengan konten-konten terbaru. Mereka juga tidak akan ambil pusing saat nama blognya tak kunjung nongol barisan pertama pencarian di mesin pencari. 

Keempat, asmara! Jangan pernah anggap remeh dengan alasan ini. Seorang pegiat blogging akan sulit meyisihkan waktunya—apalagi menghabiskan waktunya—bersama blog-nya ketika urusan asmara tak bisa ditunda. Bahkan ketika sebuah konten yang dikerjakan berminggu-minggu dan siap tayang bisa batal demi asmara. 



Tapi, sekali lagi, tak perlu panik dengan situasi blog yang sepi itu. Kepanikan hanya akan menambah daftar alasan seorang pegiat blogging tidak menggarap blognya lebih giat lagi. 

Di catatan sebelumnya (Blogging: Semangat Entrepeneurship dengan Modal Kreatifitas), saya sempat menyinggung aktivitas blogging sebagai bentuk kewirausahaan berbasis kreatif. Sebagai sebuah kewirausahaan, tentu saja ada target-target bisnis yang akan dituju seorang pegiat blogging. Untuk tiba pada target-targetnya itu, seorang pegiat blogging lantas akan mengeluarkan semua jurus kreativitasnya. 

Blogging memang mengandalkan kerja-kerja kreatif, baik dalam mengupgrade konten, maupun memasarkannya ke pengunjung. Kepuasan pengunjung menikmati konten yang disajikan adalah ukurannya. Bagaimana mengukur kepuasan pengunjung? Lain kesempatan kita akan membahasnya secara khusus, ya… 

Blog Ini Juga Sering Sepi

Terusterang, blog ini (marselgunas.com) juga sering sepi dari konten terbaru, khususnya sejak bulan Maret hingga Mei. Ya, begitulah. Tidak ada alasan lain selain alasan waktu kerja yang cukup padat dan konsentrasi yang lebih banyak mempersiapkan kelahiran putra pertama, Sergio Ignasius Canai Gunas (alasan asmara kah?). 

Blog ini juga sering sepi, tapi kenapa masih ada yang mampir mengunjungi? Apa strateginya? 
*Smile

Setiap blogger (bahkan seorang personal blogger seperti saya) tentu memiliki trik dan strategi agar blognya masih mendapat kunjungan meski tak setiap waktu blognya diperbarui (di-update). Strategi-strategi itu tentu tidak langsung didapatkan saat seseorang memulai menggeluti dunia blogging. Ada proses belajar yang panjang. Ada keringat perjuangan yang tidak sedikit menetes. #ehh. 

Bahkan, tak jarang, ada yang tak segan-segan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk menggeluti dunia blogging dan menemukan strategi terbaik mengelola blognya. Itulah. Intinya, selalu ada cara dan kesempatan yang bisa kita pakai untuk menemukan strategi yang tepat dalam mengelola blog kita. Maka, jika blog sepi, jangan panik! Selamat mencoba. :)

Tabe
Marsel Gunas
Blog Sepi? Jangan Panik! Blog Sepi? Jangan Panik! Reviewed by Marcell Gunas on Jumat, Juni 08, 2018 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.