First Wedding Anniversary, Ucapan Syukur yang Tidak Sedikit

Baca Juga

What a new day! Today is our first wedding anniversary. Tepat pukul 00.00 WIB. 8 Juli 2018. Setahun sudah kami menjalani kehidupan rumah tangga. Kami baik-baik saja. Kami bahagia. Setidaknya hingga saat coretan ini diunggah ke blog sederhana ini. Kami syukuri semua yang kami lewati selama setahun menikah. Ucapan syukur yang tidak sedikit. Kami sadar betul, selama setahun ini, campur tangan DIA yang Maha Kuasa sungguh besar.

First Wedding Anniversary, Ucapan Syukur yang Tidak Sedikit


Setahun setelah menikah: bahagia, sibuk kerja, sering diskusi, berjauhan. Kira-kira statusnya begitu. Makin lengkap kebahagiaannya karena telah dikaruniai seorang anak. Sergio Ignasius Canai Gunas. Sergio, panggilannya, lahir 16 Mei lalu. Di Kediri.


Setahun setelah menikah, Alhamdulilah, kami belum pernah baku marah. Belum pernah berantem. Semua perdebatan selalu ditutup dengan manis. Damai. Perbedaan ide selalu diakhiri dengan dialog yang bersahabat dan adem.

Setahun setelah menikah: banyak rencana. Dibahas bersama; saya dan Sheila. Selalu dibahas bersama. Mulai dari soal kerja, tempat tinggal, finansial keluarga, hingga rencana pulang, menetap dan berkarya di kampung halaman saya, di Flores. Rencana-rencana itu ada yang sudah menjadi aksi (meski belum banyak). Situasi, tantangan, dinamika kehidupan rumah tangga menentukan baik-buruk hasilnya nanti.

Setahun setelah menikah: kami masih sering mendiskusikan hal-hal di luar soal rumah tangga. Sheila masih sering lempar tema ‘kehidupan menggereja’ ke meja diskusi. Saya masih sering berbagi cerita tentang ‘industri media massa’ yang makin kehilangan pasar. Banyak hal lain. Politik, juga include di dalamnya.

Soal referensi bacaan, Sheila sedikit waktunya untuk membaca novel. Lebih sering baca artikel, buku, jurnal, tentang kesehatan ibu menyusui. Tentang pertumbuhan dan perkembangan bayi. Tentang Air Susu Ibu (ASI). Di beberapa diskusi melalui aplikasi percakapan singkat, Sheila tampak kaya informasi tentang tema-tema itu. Top, deh!

Sergio, si sulung. Sudah dua bulan usianya. Kami bersyukur karena pertumbuhannya baik. Sehat. Thank God!

Di hari ulang tahun perkawinan pertama ini, saya ingat “Momang”, sebuah lagu berbahasa Manggarai ciptaan musisi Illo Djeer. Dinyanyikan bersama istrinya, Edel Jenarut. Om Illo dan Tanta Edel—begitu saya mengenal mereka—dalam lagu itu, dengan apik melukiskan harapan-harapan emas tentang masa depan rumah tangga sebuah keluarga. Liriknya sungguh menyentuh. Mengajak pasangan suami isteri, khususnya seperti kami yang masih memulai kehidupan rumah tangga, untuk terus saling menguatkan. Memegang teguh janji pernikahan. Saat dihantam prahara berat sekali pun.



Pesan dari lagu itulah yang saya pakai sebagai pesan ajakan ke Sheila hari ini. Ajakan untuk terus mengokohkan apa yang sudah kami ikrarkan setahun lalu di altar Tuhan. Ajakan untuk terus memantapkan langkah merajut tali kasih pernikahan; menatap dan menggapai hari-hari esok yang lebih baik. Ajakan untuk tidak takut pada tantangan yang (pasti) akan datang silih berganti nantinya. Ajakan untuk tidak pernah lelah mencintai saya, suaminya. #Ehh

Ajakan-ajakan itu saya kemas dengan bahasa Manggarai; neka lego sangged reke agu wada dite ca ntaung olo. Neka bete agu mora momang dite latang aku agu hi Sergio Ignasius Canai Gunas. Condo one lime de Mori'd sangged ngoeng agu bengkes kaeng kilo'd ngger olon. Porong sehat agu do berkak tedeng len, amen.

Ungkapan itu semacam doa sekaligus self-reminder untuk kami berdua dalam menahkodai bahtera rumah tangga kami kedepan. Tentu saja harus dibarengi dengan kesediaan untuk mendengar dan memetik inspirasi dari mereka yang lebih tua, lebih lama berumah tangga, sudah makan garam menghadapi tantangan kehidupan berkeluarga.

Happy first wedding anniversary, dear wife! I love you.


Tabe
Marsel Gunas
First Wedding Anniversary, Ucapan Syukur yang Tidak Sedikit First Wedding Anniversary, Ucapan Syukur yang Tidak Sedikit Reviewed by Om Marcell on Minggu, Juli 08, 2018 Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.