3 Tujuan Wisata di Manggarai yang Paling Sering Ditanyakan

Baca Juga

Ada 3 (tiga) tujuan wisata di Manggarai yang paling sering ditanyakan teman dekat. Mereka sungguh kagum dengan tiga tujuan wisata itu. Beberapa teman sudah kembali dari tiga tempat itu. Mereka berkesan baik selama berkunjung ke sana.


Flores adalah pulau di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang memiliki banyak destinasi wisata. Sejak dulu, Flores, dari ujung barat hingga ujung timur, memang terkenal sebagai tempat tujuan berwisata. Baik wisata alam, bahari maupun wisata religi.

Larantuka dikenal karena Semana Santa. Salah satu event religius di Flores yang telah menjadi incaran para penikmat wisata religi. Maumere terkenal dengan Pantai Koka. Juga ada Gereja Tua Sikka. Ende punya Danau Tiga Warna Kelimutu yang mendunia. Nagekeo mendunia dengan Taman Laut 17 Pulau. Kemudian Ngada, selalu menjadi incaran para pelancong karena perkampungan megalitikum “Kampung Adat Bena”.

Bagaimana dengan Manggarai; Manggarai Timur, Manggarai, dan Manggarai Barat?

Seperti wilayah lain di Flores, Manggarai juga kaya akan potensi pariwisata. Di Manggarai Timur, Danau “Rana Tonjong” dan Pantai Mbolata telah menjadi tujuan wisata yang tak pernah sepi pengunjung. Di Manggarai, ada kampung adat Wae Rebo dan sawah berbentuk jaring laba-laba. Di Manggarai Barat, ada Komodo dan sejumlah pulau kecil yang telah mendunia. Semuanya kini telah menjadi incaran para wisatawan, baik domestik maupun manca negara.

Oleh teman-teman dekat di sini, ada tiga tujuan wisata di Manggarai yang paling sering ditanyakan. Kampung adat Wae Rebo, Danau Teratai Tonjong dan Pulau Komodo.

Kampung Adat Wae Rebo

Kampung adat Wae Rebo terletak di Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai, NTT. Ada yang menyebutnya dengan istilah “kampung di atas awan”.

Tiga Tujuan Wisata di Manggarai yang Paling Sering Ditanyakan
Kampung adat Wae Rebo, Manggarai, Flores | Photo: steemkr
Wae Rebo terletak di ketinggian 1000 mdpl dan dikelilingi oleh bukit-bukit yang subur dan asri. Pada tahun 2012, UNESCO menyatakan Wae Rebo sebagai Warisan Budaya Dunia.

Wae Rebo terkenal karena bangunan rumah adatnya. Orang Manggarai menyebutnya “Niang” atau “Mbaru Niang”. Ada tujuh Niang di Wae Rebo. Tujuh Niang itu konon merupakan cerminan kepercayaan leluhur untuk menghormati tujuh arah puncak gunung di sekeliling Kampung Wae Rebo. Di Wae Rebo, pengunjung juga bisa menemukan kesejukan alam. Menyaksikan hutan yang asri. Hijau. Penduduknya ramah. Kopi yang disuguhkan juga dijamin nikmat.

Danau “Rana Tonjong”

Rana Tonjong atau Danau Lotus (Nelumbo nucifera). Danau Rana Tonjong terletak di Kecamatan Sambi Rampas, Manggarai Timur. Tepatnya di Paci Panda, Desa Nanga Mbaling. Luasnya kira-kira 2,5 hektar.

Konon, danau ini merupakan danau lotus terbesar kedua di dunia, setelah yang dimiliki India. Lotus (tonjong) di danau ini biasanya mekar pada April-Juni setiap tahun. Tinggi batang teratai di Rana Tonjong kira-kira 2,5 m dengan diameter daun mencapai 60 cm. Sedangkan diameter bungan Lotus saat mekar bisa mencapai 50 cm dengan panjang kelopak bunganya mencapai 25 cm.

Tiga Tujuan Wisata di Manggarai yang Paling Sering Ditanyakan
Lotus di Danau Tonjong, Manggarai Timur | Photo: Leonardus Nyoman (Welakaweng.com)


Wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, selalu ramai mengunjungi “Rana Tonjong” saat lotus bermekaran. Indah sekali. Langka. Bagi warga setempat, buah lotus juga memiliki manfaat bagi tubuh karena bisa dimakan. Buah lotus dipercaya memiliki zat yang bisa menyembuhkan penyakit tertentu.

Pulau Komodo

Pulau Komodo terletak di sisi selatan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores. Pulau Komodo adalah satu dari gugusan pulau-pulau yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Dua pulau lainnya adalah Pulau Rinca dan Pulau Padar.

Eksotisme Pulau Komodo memang sudah dikenal sejak dulu. Diberi nama Pulau Komodo karena di sana hidup reptil raksasa-purba yang amat langka, Komodo (Varanus komodoensis). Komodo “The Dragon”. Komodo hanya ada di Indonesia!

Tiga Tujuan Wisata di Manggarai yang Paling Sering Ditanyakan
Komodo, The Dragon | Photo: Flickr (Jetlaggies)
Selain karena Komodo, kunjungan ke Pulau Komodo juga demi menikmati pesona pantai dan pulau-pulau kecil yang juga menyimpan eksotisme. Di sekiar Pulau Komodo, terdapat Pulau Padar, Pulau Rinca, yang juga tak kalah indahnya.

Teman-teman saya yang sudah pernah mengunjungi Pulau Komodo mengaku selalu ketagihan untuk kembali mengunjungi Pulau Komodo. Karena keindahannya. Eksotismenya. Keunikannya.

Lelah? Ya, pasti. Tapi bagi mereka, lelah yang dirasakan tak seberapa jika dibandingkan dengan pemandangan yang tersaji di depan mata. Kini, Pulau Komodo semakin mendunia. Wisatawan asing yang berkunjung ke sana selalu ramai. Setiap hari. Bagaimana dengan anda? Kapan ke Pulau Komodo? Hehe

3 tujuan wisata di Manggarai itu sering ditanyakan jika saya dan teman-teman sedang merencanakan sebuah perjalanan wisata ke Flores. Beberapa dari mereka sebenarnya sudah sangat sering mengunjungi Flores dan mengunjungi tiga tujuan wisata tadi. Saya selalu alpa dalam setiap kunjungan itu.

Bukan karena saya orang Flores dan sudah bosan berkunjung ke tiga tempat itu. Tapi murni karena alasan waktu yang selalu tak bersahabat untuk wisata. Yang pasti, tiga tempat itu memang luar biasa. Indah dan selalu panggil saya pulang. Ke Flores.


Tabe
Marsel Gunas
3 Tujuan Wisata di Manggarai yang Paling Sering Ditanyakan 3 Tujuan Wisata di Manggarai yang Paling Sering Ditanyakan Reviewed by Marsel Gunas on Minggu, September 30, 2018 Rating: 5

9 komentar:

  1. Manggarai selalu di hati

    BalasHapus
  2. Pulau Komodo. Tapi penasaran sama Rana Tonjong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, Kak Elora. Sudah sempat mampir. :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. Hehehe..Begitulah rumah adat di sana, Mba Tira. :)
      Yuk, travelling ke sana, Mba.


      Btw, terimakasih udah mampir, Mba. Salam blogging.

      Hapus
  4. Pernah nonton Rana Tonjong di TV. Suka banget sama kuncup bunganya. Baru tau kalau ternyata bisa jd obat ya. Thanks ulasannya Mas Marsel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap. Terimakasih sudah mampir, Rosita.
      Salaman
      :)

      Hapus
  5. Mantap Kk. Promosi pariwisata Manggarai. Sukses selalu untuk ite.Tks

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.