5 Destinasi Wisata di Manggarai Timur yang Bikin Labuan Bajo akan Dilupakan

Baca Juga

Ada 5 destinasi wisata di Manggarai Timur yang bakal bikin Labuan Bajo dilupakan para wisatawan. Kelimanya menakjubkan, dan (tentu saja dengan sedikit alasan subjektif (lho?)) lebih eksotis dari Labuan Bajo.

Flores itu keren, Kawan!

Flores, dari ujung barat hingga ujung timur, disesaki oleh destinasi wisata menarik. Di ujung Barat, di Labuan Bajo, ada sejumlah tempat yang kini masuk sebagai tempat wisata tujuan idola. Beberapanya adalah Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pink Beach, dan Gili Laba.

Di Manggarai, ada Wae Rebo, Niang Todo, dan Pantai Cengkalang, Torang Besi, di Reo. Di Manggarai Timur, ada….eh, sabar. Ada sesi khusus ‘ntar..

Di Ngada, ada kampung adat Bena dan Pemandian Air Panas Soa Mengeruda. Di Nagekeo, ada Kampung adat Tutubhada (Kampung Tua Nagekeo), Pantai Marapokot, dan Pulau Pasir Rii Taa.

Di Ende, ada Danau Kelimutu, Kampung Adat Ranggase, dan Air Terjun Murundao Ende. Di Sikka, ada Pantai Koka, Patung Maria Nilo Maumere, dan Museum Bikon Blewut.

Di Larantuka ada Taman Doa Mater Dolorosa, Danau Asmara, dan Pantai Deri. Dan di Lembata ada Desa Nelayan Lamalera, Gunung Ile Ape, Tanjung Nuhunera, dan Pantai Lewolein

Deretan destinasai wisata di atas telah menjadi magnet yang menarik kunjungan wisatawan, baik domestik mapun mancanegara. Secara umum, di NTT, jumlah kunjungan wisatawan pada dua tahun terakhir meingkat siginifikan. Data Dinas Pariwisata Provinsi NTT menyebutkan, pada tahun 2017, jumlah kunjungan total kunjungan sebanyak 111.749 orang wisatawan. Sedangkan di tahun 2018, total jumlah kunjungan wisatawan ke NTT sebanyak 163.807 orang wisatawan.

Bagaimana dengan Manggarai Timur?

Sejumlah destinasi unik dan eksotik juga menyebar di sejumlah wilayah di Kabupaten Manggarai Timur. Setidaknya ada 5 destinasi wisata di Manggarai Timur yang bisa masuk list tujuan wisata anda saat liburan atau saat sedang traveling ke wilayah Flores.

Danau Rana Kulan

5 Destinasi Wisata di Manggarai Timur yang Bikin Labuan Bajo akan Dilupakan
Rana Kulan

Danau seluas 5 km2 dan kedalaman sekitar 30 m ini terletak di Kecamatan Elar. Rana Kulan dikelilingi oleh hutan yang asri dan kebun kopi warga sekitar yang subur. Selain itu, dari tepi danau, mata pengunjung akan dimanjakan oleh itik air dan burung bangau yang bermain di danau. Dari Ruteng, Ibu Kota Kabupaten Manggarai, anda perlu waktu 3,5 jam untuk sampai ke Rana Kulan.

Pantai Liang Bala

5 Destinasi Wisata di Manggarai Timur yang Bikin Labuan Bajo akan Dilupakan
Pantai Liang Bala/ indonesiasungguhindah.blogspot.com

Ini pantai unik. Pantai Liang Bala terletak di sisi selatan Borong, di Kota Ndora, Borong, Manggarai Timur. Persis di sisi barat kaki Gunung Poco Ndeki.

Untuk para pengunjung, Pantai Liang Bala direkomendasikan sebagai tempat berjemur. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pesona gua Liang Bala, tepat di bibir pantai. Anda cuma butuh waktu 10 menit dari Kota Borong untuk sampai ke Pantai Liang Bala.

Pantai Mbolata

5 Destinasi Wisata di Manggarai Timur yang Bikin Labuan Bajo akan Dilupakan
Pantai Mbolata/ Instagram @lako2_advntr

Pantai Mbolata terletak di Kelurahan Watunggene, Kecamatan Kota Komba, Manggarai Timur. Jaraknya sekitar 42 km ke arah timur Borong, Ibu Kota Kabupaten Manggarai Timur. Cantik nian, karena dibingkai secara apik oleh Gunung Inerie di sisi timur dan oleh lanskap berbukit di sebelah barat.

Di Pantai Mbolata, pengunjung bisa melakukan pendakian yang mudah di sepanjang pantai berpasir abu-abu menuju sabana di Bukit Nangarawa, tempat di mana mata pengunjung akan dibuai dengan pemandangan indah ke laut.

Pantai Cepiwatu

5 Destinasi Wisata di Manggarai Timur yang Bikin Labuan Bajo akan Dilupakan
Pantai Cepiwatu/ Instagram @apuilina

Pantai Cepi Watu terletak di Borong, Ibu Kota Kabupaten Manggarai Timur. Jaraknya hanya 2 km dari pusat kota Borong. Oleh warga lokal, Cepiwatu merupakan tempat bersantai di akhir pekan, atau saat hang out di hari biasa.

Hamparan bebatuan di bibir pantai menambah eksotisme pantai di sisi selatan Kota Borong itu. Di sudut timur, tampak gunung Poco Ndeki yang berdiri kokoh menjaga pantai Laut Sawu.

Cunca Rede

5 Destinasi Wisata di Manggarai Timur yang Bikin Labuan Bajo akan Dilupakan
Cunca Rede/ Instagram @onotkapang

Pengunjung perlu waktu dua jam dari Kota Borong, Ibu Kota Kabupaten Manggarai Timur untuk sampai ke Cunca Rede. Air Terjun Cunca Rede terletak di desa Sano Lokom. Tingginya sekitar 10-20 meter yang mengalir dari mata air segar.

Air terjun ini berada di Kawasan Taman Wisata Alam Ruteng (TWAR) yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Ruteng. Air Terjun Cunca Rede berada di bawah kaki Gunung Ranaka.

Demikianlah 5 destinasi wisata utama di Manggarai Timur yang bisa menjadi pilihan anda saat berkunjung ke Flores, baik berwisata maupun sekedar melintas di jalur ‘Trans Flores’. Kelimanya dijamin bikin anda betah di Manggarai Timur.*smile

Labuan Bajo akan Dilupakan?

Apakah 5 destinasi wisata di Manggarai Timur tadi akan membuat wisatawan melupakan Labuan Bajo? Oh, tentu saja keputusan untuk mengingat dan melupakan Labuan Bajo ada di ingatan pengunjung. Tentu saja melupakan Labuan Bajo berat, seperti rindu Milea pada Dilan itu lho..#Ehh

Tapi bukan tidak mungkin Labuan Bajo akan dilupakan jika dalam beberapa tahun ke depan ada upaya inovatif, kerja cerdas, dan fokus pengambil kebijakan di Manggarai Timur untuk mengembangkan potensi pariwisata yang dimilikinya. Soal kapan Labuan Bajo akan dilupakan, dan hanya 5 destinasi wisata tadi yang diingat saat ke Flores, biarkan itu menjadi keputusan pengunjung. Mereka berhak “kemana” dan “menyimpulkan apa” selama berkunjung ke Flores.
5 Destinasi Wisata di Manggarai Timur yang Bikin Labuan Bajo akan Dilupakan 5 Destinasi Wisata di Manggarai Timur yang Bikin Labuan Bajo akan Dilupakan Reviewed by Marsel Gunas on Selasa, Maret 26, 2019 Rating: 5

2 komentar:

  1. Lucu sekali ulasan ini.
    Samapaikanpun tdak bisa mngalakan dan melupakan labuan bajo.
    Komodo adalah sala satu sevenwonder/keajaiban dunia.
    Lebuan bajo suda mendunia .


    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.