Ke Semarang, 5 Jajanan Lokal Ini Wajib Jadi Objek di Sesi Isi Perut

Baca Juga

Kelaparan di Semarang tetapi tidak ingin makan yang berat? Jajanan bisa menjadi pilihan. Jika Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli tiket pesawat ke Semarang, berhematlah di tempat tujuan dengan menikmati jajanan lokal. Selain lezat dan berciri khas, sebagian besar jajanan populer Semarang dapat Anda temukan di kios murah atau pedagang kaki lima.

Ke Semarang, 5 Jajanan Lokal Ini Wajib Jadi Objek di Sesi Isi Perut
Credit photo: Leo D/ Flickr

Inilah lima jajanan yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Semarang

Lumpia

Ke Semarang, 5 Jajanan Lokal Ini Wajib Jadi Objek di Sesi Isi Perut
Credit Photo: nakarasido.com
Lumpia Semarang terkenal karena isinya yang berupa sayuran dan rebung padat, serta penyajian basah atau kering. Lumpia Gang Lombok adalah kedai lumpia paling terkenal di Semarang, dengan lokasi yang dekat dengan pecinan. Akan tetapi, Semarang juga memiliki Lumpia Cik Me Me, Lunpia Pak Sastro, dan Loenpia Mbak Lien.

Selain lumpia legendaris, Anda juga bisa menemukan lumpia di pedagang kaki lima. Ukuran mereka biasanya relatif kecil, tetapi rasanya khas dan harganya lebih murah.

Wedang Tahu

Wedang tahu adalah jajanan malam khas Semarang yang lembut dan bergizi. Walau namanya wedang “tahu”, jajanan ini sebenarnya terbuat dari susu kedelai yang dimasak dengan garam, gula, dan bubuk agar-agar. Hasilnya adalah jajanan lembut sedikit kenyal berwarna putih. Penyajiannya menggunakan kuah hangat yang terbuat dari jahe, daun pandan, kayu manis, cengkih, dan daun jeruk.

Wedang tahu merupakan jajanan yang dibawa imigran dari Tiongkok pada abad ke-19. Harga murah, rasa hangat, serta cara pembuatan mudah membuatnya populer di kalangan masyarakat. Kedai terkenal di Semarang antara lain Wedang Tahu Pak Amad, Wedang Tahu Pak Adi, dan Wedang Tahu Tjoa.

Kue Lekker

Kue Lekker terbuat dari adonan tepung tipis berbentuk bundar, yang diberi isian sebelum dilipat. Kue ini terlihat sederhana, namun para pedagangnya memberi banyak variasi pada isiannya. Kue lekker yang mulai terkenal pada era 90-an ini biasanya memiliki isian manis, seperti cokelat dan pisang. Akan tetapi, lekker gurih dengan isian telur atau keju mulai terkenal.

Lekker Paimo adalah salah satu kedai kue lekker kaki lima terkenal di Semarang. Selain rasa biasa, Lekker Paimo juga membuat kreasi modern, seperti lekker keju mozzarella, telur asin, dan sosis.

Pisang Plenet

Pisang plenet merupakan variasi Semarang untuk pisang bakar pipih. Pisang plenet masa kini biasanya dihidangkan bersama taburan modern, seperti cokelat, susu kental manis, gula halus, dan keju. Penjual pisang plenet biasanya menyajikan makanan ini di atas daun pisang.

Pisang plenet paling murah dan enak dijual pedagang kaki lima. Mereka biasanya hadir di jalan-jalan mulai sore hingga malam hari. Penjual pisang plenet paling terkenal di Semarang ada di beberapa lokasi, seperti di Pasar Semawis (pecinan), Jalan Pemuda, dan Jalan Gajah Mada.

Tahu Petis

Ke Semarang, 5 Jajanan Lokal Ini Wajib Jadi Objek di Sesi Isi Perut
Credit photo: azzamaviero.com
Tahu petis adalah tahu kuning (pong) yang digoreng, dibelah, kemudian diolesi petis di dalamnya. Petis adalah saus hitam kental dari udang yang cita rasanya cenderung manis. Penjual tahu petis di Semarang cukup banyak, misalnya Tahu Petis Prasojo dan Tahu Petis Yudisthira.

Jajanan murah meriah ini cocok untuk Anda yang punya anggaran sedikit, tetapi ingin menikmati kuliner khas setempat. Agar lebih menghemat biaya, gunakan aplikasi perjalanan untuk berburu tiket pesawat Batik Air dan penerbangan murah lainnya. Aplikasi Airy memberi harga murah ke berbagai destinasi di Indonesia, dan tersedia untuk ponsel Android dan iPhone.

Dengan Airy, Anda bisa mendapat harga bersaing tanpa biaya tambahan. Cukup bayar dengan transfer atau kartu kredit, dan Anda akan segera mendapat tiket murah untuk wisata berikutnya. Gunakan Airy untuk liburan atau perjalanan dinas Anda untuk kenyamanan dan kemudahan yang maksimal.
Ke Semarang, 5 Jajanan Lokal Ini Wajib Jadi Objek di Sesi Isi Perut Ke Semarang, 5 Jajanan Lokal Ini Wajib Jadi Objek di Sesi Isi Perut Reviewed by Marsel Gunas on Sabtu, Maret 23, 2019 Rating: 5

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Sama, Mba Tira. hehehe

      Terimakasih udah mampir, Mba. Salaman

      Hapus
  2. Lumpia semarang... Yg isi rebung dan udang kering pake kuah kental yah... Like it 😋

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.