Bukan Travelling Kalau Tidak ke Pulau Padar!

Baca Juga

Labuan Bajo telah menjadi raja dunia wisata dunia. Kekayaan wisatanya sangat menakjubkan. Ragam kekayaan wisata itu acapkali membuat kami-sebagai orang Flores-ikut berbangga. Bahwa kami dilahirkan di wilayah yang indah, tanah yang subur, pantai yang cantik.

Bukan Travelling Kalau Tidak ke Pulau Padar!
Credit: Instagramn @eco_phobia
Pulau Padar adalah salah satu tempat wisata favorit jika anda sedang mengunjungi Labuan Bajo. Pulau Padar adalah pulau ketiga terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Dulu, Pulau Padar tidak seterkenal Pulau Komodo ataupun Pulau Rinca, namun keindahan Pulau Padar tidak kalah cantiknya dengan kedua pulau tersebut.

Letak Pulau Padar cenderung lebih dekat dengan Pulau Rinca dibandingkan dengan jarak ke Pulau Komodo dan dipisahkan oleh Selat Lintah.

Pulau Padar juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, karena berada dalam wilayah Taman Nasional Komodo, bersama dengan Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Gili Motang. Meskipun berada di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, namun Pulau Padar tidak dihuni oleh komodo dikarenakan rantai makanan yang terputus.

Di sekitar pulau ini terdapat pula tiga atau empat pulau kecil yang memiliki keunikan display masing-masing. Dan di Pulau Padar juga terdapat hamparan pink shoreline yang sangat cocok digunakan untuk sekedar berenang, bermain air ataupun ber-snorkeling ria. 

Seorang traveller blogger berkewarganegaraan New York, Lindsay Buckley, pernah mengulas tentang Pulau Padar ini. Dalam ulasannya yang diberi judul "Padar Island Hike: The Most Stunning View In Komodo", wanita yang kini tinggal di Sydney, Australia itu mengungkap pengalaman pendakiannya di Padar.
I may be in the minority here, but I’m so glad we did the Padar Island hike around midday! We started it while all the other groups were making their way back down, and by the time we wrapped up we basically had it all to ourselves. Yes, it was stupid-scorching-hot and I’m still in disbelief that my skin didn’t get torched from the two hours I spent frolicking around in a sports bra with minimal sunscreen on (note to self and all: DON’T DO THIS). If you are sensitive to heat and sunlight, you definitely want to make this a sunrise or sunset hike. (Linsay Buckley)
Lindsay adalah satu dari sekian banyak traveller mancanegara yang telah mengunjungi Padar. Kesan mereka rata-rata sama: kagum dengan keindahan Pulau Padar. Anda juga tentu masih ingat kunjungan pembalap MotoGP Valentino Rossi ke Pulau Padar, bukan? 

Credit: frugalfrolicker.com
Di Indonesia, selain para traveller, sejumlah pejabat negara dan selebriti juga pernah menikmati eksotisme Pulau Padar. Sebut saja Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat.

Di Pulau Padar, pengunjung akan melihat relief perbukitan yang indah di antara hamparan gradasi laut biru. Cantik sekali pemandangannya. Effort yang melelahkan menuju puncak bukit Padar akan terbayar dengan pemandangan lepas pantai yang memanjakan mata. Hanya kekaguman lah yang tersisa saat tiba di puncak bukit Padar!

Begitulah..
Bukan Travelling Kalau Tidak ke Pulau Padar! Bukan Travelling Kalau Tidak ke Pulau Padar! Reviewed by Marsel Gunas on Senin, Maret 25, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.