Orang Borong Pasti Akrab dengan 3 Tempat Wisata Ini

Baca Juga

Orang Borong, Manggarai Timur pasti akrab dengan tiga tempat wisata yang tak jauh dari pusat Ibu Kota Kabupaten Manggarai Timur itu. Tiga tempat wisata itu adalah Pantai Cepiwatu, Pantai Liang Bala dan Mangrove Muara Borong.

Orang Borong Pasti Akrab dengan 3 Tempat Wisata Ini
Credit Photo: Facebook Borong Dalam Gambar

Sebagian besar penjelasan terkait tempat wisata di Manggarai Timur sebenarnya telah saya ulas di artikel sebelumnya, “5 Destinasi Wisata di Manggarai Timur yang Bikin Labuan Bajo akan Dilupakan”. Dalam tempo seminggu setelah artikel ini di¬publish di blog receh ini, beragam komentar dari teman-teman di Labuan Bajo berdatangan.

“Kalian jangan mimpi bisa kalahkan Labuan Bajo!”
“Tulis saja lah sesuka kalian. Labuan Bajo tetap di hati.”
“Om Marsel lagi mimpi? Ah, jangan terlalu lama, Om.”
“Adakah Tuhan mendengar harapan saudara Marsel ini?”
“Om, omong ke Pa Bupati Manggarai Timur, untuk kalahkan Labuan Bajo, perlu usaha dan kerja keras dan cerdas e.”


Kira-kira begitulah tone komentar kawan-kawan di Labuan Bajo. Untuk semua komentar itu, saya hanya bisa membalas: “Modal kami adalah optimis maju. Meskipun, optimis saja tidak cukup Terimakasih.”

Baiklah. Itu hanya sekadar ocehan receh sebagai pembuka agar Om dan Tanta, para pembaca budiman dan menawan, bisa kembali ke artikel sebelumnya. Bahwa Om dan Tanta akan mengambil keputusan untuk melupakan Labuan Bajo atau tidak, itu bukan urusan saya.#Lho?

Kembali tiga tempat wisata di Borong. Ini tiga tempat wisata yang ada di Borong yang wajib dikunjungi jika kalian berkunjung ke Borong:

Pantai Cepiwatu

Jaraknya hanya 2 km dari pusat kota Borong. Oleh warga lokal, Cepiwatu merupakan tempat bersantai di akhir pekan, atau saat liburan Natal dan Tahun Baru tiba.

Dari generasi alpha hingga baby boomers datang ke Cepiwatu. Hamparan bebatuan di bibir pantai menambah eksotisme pantai di sisi selatan Kota Borong itu. Di sudut timur, tampak gunung Poco Ndeki yang berdiri kokoh menjaga pantai Laut Sawu.

Pantai Liang Bala

Pantai Liang Bala terletak di sisi selatan Borong, di Kota Ndora, Borong, Manggarai Timur. Persis di sisi barat kaki Gunung Poco Ndeki.

Untuk para pengunjung, Pantai Liang Bala direkomendasikan sebagai tempat berjemur. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pesona gua Liang Bala, tepat di bibir pantai. Anda cuma butuh waktu 10 menit dari Kota Borong untuk sampai ke Pantai Liang Bala.

Mangrove Muara Borong

Hutan Mangrove Muara Borong terletak di Muara pantai Borong, tempat pertemuan antara dua hilir sungai besar di Borong yaitu Sungai Wae Reca dan Sungai Wae Bobo. Hutan Mangrove pantai Borong membentang ke arah barat dan timur pantai Borong.

Ke Timur, hutan Mangrove meluas hingga ke Kampung Ende, mendekati Dermaga Borong. Sedangkan ke Barat, hutan mangrove membentang hingga Cepiwatu.

Home sweat home, Golokarot!

You don't teach morals and ethics and empathy and kindness in the schools. You teach that at home, and children learn by example.

Pengacara Amerika, Judy Sheindlin
Borong itu rumah. Tempat ari-ari ditanam. Tempat lahir, dan tempat tumbuh-kembang. Tempat mengenyam Pendidikan dasar. Tempat mengalami religiositas . Tempat semangat keindonesiaan membatin. Tempat kami pulang.

Pluralisme agama dan budaya tumbuh di Borong. Tak ada label pribumi dan orang asing. Tak ada orang asli dan pendatang di Borong. Semuanya sama: orang Borong. “Orang Borong” menghapus sekat-sekat primordial, baik agama, golongan, dan budaya!

Lonceng gereja berdentang tiap jam dua belas siang dan jam enam petang. Memanggil umat Katolik segera tutup mata dan melantunkan Doa Angelus. Suara azan subuh dan azan maghrib berkumandang, memanggil umat Muslim meninggalkan aktivitasnya, dan kusuk berdoa, sholat.

Di timur, Poco Ndeki berdiri kokoh, menjadi semacam saksi bagi peristiwa dan kenangan hidup orang Borong. Di barat, gugusan Mandosawu tampak seperti benteng pengawal. Di utara, hamparan bukit-bukit kecil bersambungan. Di selatan, Laut Sawu yang luas berbaring tenang. Indah sekali.

***

Golokarot adalah tempat kami menghabiskan masa kecil. Pergaulan lintas suku dan lintas bahasa kami kenal di sana. Golokarot tempat belajar percakapan hangat penuh persaudaraan, pertemuan lintas-kearifan dari suku besar yang bernama Manggarai.

Lapangan SMPN I Borong adalah tempat kami bermain. Mulai dari main pukul belalang hingga main hongkio tumpah di sana. Dari main-main hingga main kasar (sepak bola, setengah lapangan).Hahaha…

Lapangan Golokarot juga jadi saksi bisu 'bapa-mama panggil-panggil' kami dari kejauhan karena “bermain sampai terlalu sore”. Dipanggil karena sudah magrib dan harus segera ‘pulang mandi’. Lapangan itu juga tempat kami ketawa-ketiwi. Bercerita tentang kegiatan di sekolah dan hal-hal jenaka di rumah masing-masing.

Di Golokarot kami belajar sembayang giliran (wkwkwkwkwk), doa rosario bergilir dari rumah ke rumah pada Bulan Maria, Mei dan Oktober. ‘5 peristiwa’ setiap malam selama satu bulan. Doa rosario adalah jembatan mempererat persaudaraan dan silaturahmi. Doa rosario juga memperkenalkan lagu-lagu Gereja, khususnya ‘lagu-lagu Maria’, baik yang berbahasa Indonesia maupun Latin.  Doa rosario ditutup dengna Misa Syukur Kelompok. Semua terlibat.

Golokarot adalah rumah. Tempat belajar banyak hal, tentang hidup dan peziarahannya, yang tak kami dapatkan di sekolah.

Golokarot jaman now bagaimana? Ramai sekali. Rumah makin banyak. Anggota kelompok bertambah. Cukup bising karena kendaraan ramai lalu-lalang di jalan komplek. Yang tak berubah dan tak hilang: keakraban, canda tawa, dan solidaritas. Awesome! Graceful birthplace! Terberkatilah Golokarot, dan seluruh penghuninya. Amin.

Anyway, kembali ke topik: Orang Borong Pasti Akrab dengan 3 Tempat Wisata Ini. Bagi para pengunjung, selamat datang di Borong. Feel at home, betahlah di Borong. Setelah dari tiga tempat wisata tadi, monggo, mampir juga ke rumah, di Golokarot yang manis dan romantis itu. #eaaaaaa…..
Orang Borong Pasti Akrab dengan 3 Tempat Wisata Ini Orang Borong Pasti Akrab dengan 3 Tempat Wisata Ini Reviewed by Marsel Gunas on Kamis, April 04, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.