Jangan Anggap Remeh Komentar Awkarin Soal Kebersihan Toilet Bandar Udara Komodo!

Baca Juga

Influencer media sosial, Karin Novilda alias Awkarin, baru-baru ini berlibur ke Labuan Bajo, Flores. Sebelum mengunjungi sejumlah tempat wisata di Labuan Bajo, Awkarin mengunggah kesannya akan kebersihan toilet Bandar Udara Komodo. Kata Awkarin, toilet Bandar Udara Komodo jorok.

Jangan Anggap Remeh Komentar Awkarin Soal Kebersihan Toilet Bandar Udara Komodo!
Awkarin berpose di Pink Beach, Flores | Foto: Instagram @awkarin

Aduh gue malu banget ngeliat keadaan toilet di Bandara Komodo Labuan Bajo, gak bisa di flush dan kotor banget. Mana banyak turis ☹ Masa barusan turis yang mungutin sampah dari lantai. Pemda Labuan Bajo kalau melihat instastory saya ini mungkin bisa perhatikan hal ini,” tulis wanita kelahiran Jakarta, 29 November 1997 itu di Instastory-nya, Selasa, 15 Oktober 2019.

Namun, meski pemilik akun Instagram @awkarin itu kesal dengan pemandangan kurang sedap di toilet Bandar Udara Komodo, Awkarin mengaku senang menikmati perjalanannya ke Labuan Bajo.

Despite toiletnya jorok (sangat) kita sangat excited for this trip,” tulisnya lagi.


Terimakasih, Awkarin!
Unggahan Awkarin itu sebetulnya bukan kesan pertama dari pengunjung di Labuan Bajo. Tak terbilang lagi kesan yang sama yang pernah saya dengar dari beberapa sahabat. Isinya sama: jorok. Saya pun berkesan sama setelah beberapa kali pulang ke Flores melalui Bandar Udara Labuan Bajo.

Tentu saja ini kritik serius bagi pengelola Bandar Udara di ujung barat Pulau Flores itu. Termasuk untuk Pemerintah Daerah setempat, Pemda Manggarai Barat.

Miris, memang. Kesan Awkarin muncul dua bulan setelah kunjungan Presiden Joko Widodo ke Labuan Bajo. Dalam kunjungannya, Jokowi menegaskan Labuan Bajo akan diorbitkan menjadi destinasi wisata premium. Untuk menunjang hal itu, pemerintah akan melakukan sejumalah tahapan yang dimulai dari pembangunan infrastruktur.

“Yang ingin kita percepat, pertama bandara, terminal akan kita besarkan. Runway (landasan pacu) diperpanjang, maksimal tahun depan udah rampung semua, airport, terminal airport," kata Jokowi di kawasan Puncak Waringin Labuan Bajo.

"Sehingga yang datang kesini turis-turis yang diharapkan meningkatkan devisa.”

Kembali ke soal kebersihan toilet! Itu hal sederhana sebetulnya. Soal kebersihan. Tapi bisa saja berakibat fatal bagi pariwisata Labuan Bajo. Bukankah pariwisata identik dengan kebersihan dan keindahan? Nah, lo!

Toilet yang Baik itu seperti apa?

Barangkali benar: toilet yang baik belum tentu bersih. Tapi, setidaknya toilet yang baik ikut menghasilkan toilet yang bersih. Asosiasi Toilet Indonesia (ATI) memiliki beberapa kriteria terkait toilet yang baik. Ketua Ketua Asosiasi Toilet Indonesia, Naning Adiwoso mengatakan, ada beberapa kriteria toilet yang baik.

Kering: Toilet yang basah bisa menjadi tempat tumbuhnya jamur. Toilet juga bisa dirancang agar cepat kering.

Bebas Sentuhan: Toilet umum yang modern umumnya menggunakan konsep meminimalkan sentuhan tangan dengan benda-benda di dalam toilet. Misalnya tombol penyiram air atau keran yang menggunakan sensor.

Luas dan cukup ventilasi: Ruangan toilet hendaknya tidak terlalu sempit sehingga penggunanya bisa leluasa bergerak. Toilet juga harus memiliki ventilasi yang baik sehingga terdapat sirkulasi udara.

Ramah Lingkungan: Penggunaan penyiram otomatis bisa menjadi solusi untuk meminimalkan penggunaan air.


Arus Penumpang di Bandar Udara Komodo

Dalam sebuan Focus Group Discussion (FGD) bertema Acceleration of Government Cooperation with Business Entities for Airport Infrastructure Development in Indonesia, Kepala Bandar Udara Komodo, IK Gunarsa, menerangkan arus pesawat, penumpang dan kargo mengalami peningkatan signifikan sejak tahun 2017.

Pada tahun 2017, terdapat 7.798 pergerakan pesawat, 481.634 penumpang dan 628.944 kilogram kargo. Pada tahun 2018, terdapat 10.094 pergerakan pesawat (naik 29,4 persen), 617.557 penumpang (naik 28,2 persen) dan 833.858 kilogram kargo (naik 24,4 persen).

Sedangkan tahun 2019, hingga Juni tercatat 896 pergerakan pesawat, 63.937 penumpang dan 38.225 kilogram kargo.

Jangan Anggap Remeh Komentar Awkarin Soal Kebersihan Toilet Bandar Udara Komodo!
Data penumpang dari dan ke Bandar Udara Komodo Labuan Bajo | Data Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub

Ada enam maskapai penerbangan beroperasi setiap hari. Maskapai itu yakni Garuda Indonesia, Citilink, NAM Air, Batik Air, Wings Air, dan TransNusa.

“Mereka terbang ke destinasi Bandara Soekarno-Hatta, Denpasar, Surabaya, Kupang, Lombok Praya, Kupang, Bajawa, Maumere,, Bajawa dan Makassar,” katanya, Jumat, 13 September 2019.

Bandar Udara Komodo (dengan kode IATA: LBJ) saat ini dikelola oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Bandar Udara yang terletak di Kota Labuan Bajo, Ibu Kota Kabupaten Manggarai Barat itu memiliki dimensi runway 2.250 meter X 45 meter, dengan kekuatan PCN 55F/C/X/T, dan dilapisi aspalt.

Taxiway berdimensi 97 meter X 23 meter dilapisi aspal dengan kekuatan PCB 55 F/C/Y/T. Sedangkan apron berdimensi 310 meter X 100 meter dengan dengan kekuatan PCN 55F/C/X/T, dan dilapisi aspalt.

Memiliki area seluas 96,2 meter, Bandar Udara Komodo memiliki terminal penumpang seluas 9.687 meter dan area parkir 7.300 meter.

Dengan traffic penumpang segede ini, lalu dikaitkan dengan kepentingan pariwisata, masih mau anggap remeh dengan urusan kebersihan toiletnya? 😊

Tabe
Marsel Gunas
Jangan Anggap Remeh Komentar Awkarin Soal Kebersihan Toilet Bandar Udara Komodo! Jangan Anggap Remeh Komentar Awkarin Soal Kebersihan Toilet Bandar Udara Komodo! Reviewed by Marsel Gunas on Rabu, November 13, 2019 Rating: 5

2 komentar:

  1. nah itulah ya, toilet itu kadang jd indikator suatu tempat bersih atau jorok ya. syaratnya itu bersih, wangi

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.